Kamis, 25 November 2010

In House Training 2010

Untuk mendukung percepatan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan, maka SMP Negeri 1 Pucakwangi melaksanakan In House Training (IHT) tahun 2010. IHT dengan tema Optimalisasi IT dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan nara sumber dua pengawas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pati yakni Bpk. Anggoro Mustiko, S.Pd., S.I.Kom, M.M. dan Drs. Kustamir, M.Pd. yang sekaligus adalah pengawas bina bagi sekolah tersebut.

Materi-materi krusial disajikan antara lain permen-permen baru yang harus segera disikapi agar bisa dilaksanakan sebaik-baiknya.

Dari sesi 1 dapat ditarik kesimpulan adanya sikap dari warga sekolah untuk dapat menampilkan PROGRAM UNGGULAN SEKOLAH, yang nantinya akan menjadi ciri khas dari sekolah tersebut yang dapat menjadi icon yang pada akhirnya mengangkat nama sekolah itu sendiri sehingga menambah kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya.

Tiga jalur untuk dapat menggariskan Program Unggulan Sekolah adalah: Jalur institusi, jalur pendidik dan tenaga kependidikan serta jalus peserta didik. Sementara itu program unggulan sekolah itu sendiri dapat merupakan program yang bersifat akademik maupun non akademik.

Menyinggung Managemen Berbasis Sekolah (MBS) mengutip Prof. Slamet ada 3 prinsip yang harus ada yaitu: Partisipasi, Flexibelitas serta Tranparansi dan Akuntabilitas sehingga sekolah dapat melihat kelemahan untuk diatasi dan kelebihan utnuk dikembangkan seluas-luasnya.

Dalam presentasi Bp. Anggoro berkembang pada pengertian bahwa perkembangan sekolah bukan tergantung pada figur (pemimpin) namun hendaknya berkembang karena sistem dan kemudian puncaknya menjadi budaya sekolah. Maka segala tantangan pendidikan akan dapat dihadapi dengan baik dan sukses.

Semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar