Jumat, 26 November 2010

Monev Guru Sertifikasi

Sesi 2 pada IHT SMP Negeri 1 Pucakwangi, 26 November 2010 diinformasikan oleh nara sumber, Drs. Kustamir, M.Pd. yang juga Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaen Pati, bahwa dalam bulan Desember 2010 akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi bagi guru bersertifikasi. Monev tersebut tidak hanya untuk guru saja, melainkan juga bagi kepala sekolah dan sekolah/institusinya.

Hal yang perlu dipersiapkan bagi guru bersertifikasi adalah administrasi pembelajaran atau program kerja guru mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atau penilaian pembelajaran. Pada perencanaan dan pelaksanaan terdiri dari prota, promes, pemetaan, silabus dan RPP. Sementara penilaian, meliputi penilaian poses maupun penilaian hasil serta resume yang merupakan laporan hasil pembelajaran. Disamping itu menyerahkan berkas portofolio dari masing-masing guru sertifikasi.

Bagi institusi atau sekolah ditekankan pada KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) dimana administrasinya meliputi: SK Tim Pengembang Kurikulum yang mencakup jadwal pelaksanaan, daftar hadir, nara sumber. Demikian juga untuk Workshopnya, Reviuw dan Revisi, serta tahapan finalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar